BERITA  

19 Februari Diperingati Hari Apa? Berikut Daftarnya

19-Februari-Diperingati-Hari-Apa

Pertanyaan seperti, 19 Februari diperingati hari apa? memang topik yang kerap terlintas di benak banyak orang, ketika tanggal tersebut tiba setiap tahunnya.

Meskipun tanggal 19 Februari tidak begitu sering disorot seperti hari penting atau libur nasional lainnya, tetap saja tanggal ini memiliki makna dan sejarah yang mendalam bagi beberapa berbagai negara. Contohnya, simak di sini.

5 Perayaan yang Diperingati Pada 19 Februari

Pada tanggal 19 Februari, ada sejumlah perayaan khusus yang diperingati di berbagai belahan dunia. Deretan peristiwa inilah yang menjadi keunikan masing-masing negara. Apa saja contohnya? Berikut daftarnya:

  1. Hari Komando Pertahanan Udara Nasional

    Setiap tanggal 19 Februari diperingati hari apa, Indonesia selalu memperingati Hari Komando Pertahanan Udara Nasional atau Kohanudnas. Merujuk laman resmi TNI AU, Kohanudnas memegang posisi penting sebagai komando utama dalam Markas Besar TNI.

    Pembentukan Kohanudnas sendiri dilatarbelakangi oleh pendirian Sector Operation Center (SOC) pada tahun 1958. Dalam regu ini, kekuatan TNI AU, Pasukan Pertahanan Pangkalan, dan Pasukan Serangan Udara bersatu untuk melawan serangan PRRI.

    Dari sinilah, Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI mengeluarkan keputusan Presiden Nomor: 08/PLM-P5/62, sebagai pengumuman dibentuknya Kohanudnas pada 9 Februari 1962.

    1. Hari Cegah Plagiarisme

    Di era digital seperti saat ini, fenomena plagiasi semakin menjamur di berbagai negara. Akibatnya, pada tahun 2007, Pusat Internasional Integritas Akademik (ICAI) menetapkan tanggal 19 Februari sebagai peringatan Hari Cegah Plagiarisme.

      Tujuan utamanya adalah untuk mendidik dan menyadari masyarakat akan pentingnya kejujuran. Demi menghormati sang penulis, individu perlu mencantumkan sumber dan menghindari plagiasi.

      1. Hari Bulu Mata Nasional

        Selain perayaan penting, ada pula perayaan unik seperti Hari Bulu Mata Nasional yang diperingati setiap 19 Februari. Tujuan utamanya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya perawatan bulu mata, baik yang asli ataupun palsu.

        Bulu mata sendiri menjadi salah satu fitur penting bagi manusia, untuk membuat mata menjadi lebih menonjol. Selain itu, bulu mata juga berfungsi sebagai pelindung mata dari kuman, kotoran, debu, dan benda asing yang suka bertebaran di jalanan.

        Karena itu, pada Hari Bulu Mata Nasional, setiap manusia didorong untuk merawat bulu mata mereka dengan benar.

        1. Hari Peringatan Peperangan di Iwo Jima

          Pada tahun 1945, Amerika Serikat pernah bertempur dengan Jepang di Pulau Iwo Jima selama 37 hari. Pertempuran ini dimulai pada tanggal 19 Februari sampai 26 Maret, dan telah menewaskan puluhan ribu tentara Jepang pada saat itu.

          Tujuan peperangan ini sendiri adalah untuk merebut Pulau Iwo Jima yang dikenal vital, karena menyimpan sejumlah alat mekanik serta bunker. Belum lagi, di sana terdapat sebuah terowongan bawah tanah dengan panjang 18 km, sehingga tempat ini dianggap strategis.

          Karena itu, Jepang menolak untuk menyerah. Bahkan, mereka berkomitmen akan menjaga wilayahnya sampai titik darah penghabisan. Serangan Amerika yang dilakukan secara terus-menerus pun tidak membuat Jepang gentar. Sebaliknya, pertempuran ini justru semakin memanas.

          Karena menimbulkan puluhan ribu korban jiwa, Perang Iwo Jima dianggap sebagai pertempuran berdarah. Akibatnya, setiap tanggal 19 Februari, masyarakat Amerika Serikat memperingati peristiwa ini.

          1. Hari Kelahiran Nicolaus Copernicus

            Perayaan terakhir yang diperingati setiap 19 Februari diperingati Hari apa Kelahiran Nicolaus Copernicus, seorang astronom asal Polandia. Ia adalah tokoh yang mengemukakan teori bumi berputar pada porosnya, dan mengelilingi matahari setiap tahun.

            Demikian sejumlah perayaan yang diperingati setiap 19 februari. Perlu diketahui, bahwa setiap negara memiliki budaya yang berbeda-beda.

            Exit mobile version